DEFINISI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN PSIKOMOTORIK
DEFINISI KOGNITIF, AFEKTIF, DAN
PSIKOMOTORIK
- Kognitif
kognitif adalah yang mencakup kegiatan mental
(otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam
kognitif. kognitif memiliki enam jenjang atau
aspek, yaitu:
1.
Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge)
2. Pemahaman (comprehension)
3. Penerapan (application)
4. Analisis (analysis)
5. Sintesis (syntesis)
6.
Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
Tujuan
aspek kognitif berorientasi pada kemampuan berfikir yang mencakup kemampuan
intelektual yang lebih sederhana, yaitu mengingat, sampai pada kemampuan
memecahkan masalah yang menuntut siswa untuk menghubungakan dan menggabungkan
beberapa ide, gagasan, metode atau prosedur yang dipelajari untuk memecahkan
masalah tersebut. Dengan demikian aspek kognitif adalah subtaksonomi yang
mengungkapkan tentang kegiatan mental yang sering berawal dari tingkat
pengetahuan sampai ke tingkat yang paling tinggi yaitu evaluasi.
- Afektif
Afektif adalah yang berkaitan
dengan sikap dan nilai. afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan,
minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang
dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif
tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik
dalam berbagai tingkah laku.
Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima
jenjang, yaitu:
1. Receiving
atau attending ( menerima atau memperhatikan)
2.
Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”
3. Valuing (menilai
atau menghargai)
4. Organization (mengatur
atau mengorganisasikan)
5. Characterization
by evalue or calue complex (karakterisasi dengan suatu nilai
atau komplek nilai)
- Psikomotori
Psikomotor merupakan yang
berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang
menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya
merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan
hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk
kecenderungan-kecenderungan berperilaku). psikomotor adalah berhubungan
dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan
sebagainya.
Hasil
belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui:
1.
pengamatan
langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran
praktik berlangsung.
2.
sesudah
mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik
untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap.
3.
beberapa
waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.
Comments
Post a Comment