silabus sms/ mts PKN SMP
SILABUS
SMP/MTs
Mata Pelajaran :
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas : VII
Kompetensi Inti :
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1 Menghargai perilaku beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah
dan masyarakat
|
|
|
|
|
|
2.1 Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para
pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila
sebagai dasar negara
2.2 Menghargai
perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan
masyarakat sekitar
2.3 Menghargai sikap
toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
2.4 Menghargai
semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya
sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan
RepubIik Indonesia (NKRI)
|
|
|
|
|
|
3.1 Memahami sejarah
dan semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar
Negara
4.1 Menyaji hasil telaah tentang “sejarah
dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara”
|
Sejarah
dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara:
· Pembentukan BPUPKI
· Usulan dasar negara para pendiri negara
· Rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
|
Mengamati
· Membaca dari berbagai sumber belajar
tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara;
· Membaca salinan Piagam Jakarta;
· Mencatat rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
Menanya
· Mengajukan pertanyaan tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Mengeksplorasi
Mendiskusikan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila
sebagai dasar negara
Mengasosiasi
Mengambil kesimpulan semangat dan komitmen yang dimiliki
para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
Mengomunikasikan
Menyusun tulisan singkat (bahan paparan,
display, artikel dan sebagainya) tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
Menyusun ikrar
mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila
sebagai dasar negara
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah dan semangat
komitmen para pendiri negara dalam
merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar
negara
· Tes digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan sejarah
perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Referensi atau internet sesuai materi pokok (bila tersedia)
|
3.2 RMemahami sejarah
perumusan dan pengesahan Undang – Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.2 Menyaji hasil
telaah
tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Sejarah perumusan dan
penetapan UUD Negara
Republik Indonesia 1945
|
Mengamati
Membaca berbagai sumber tentang sejarah
perumusan dan penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun
1945
Mengasosiasi
Menyimpulkan tentang sejarah
perumusan dan penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
Mengomunikasikan
· Menyusun tulisan singkat (bahan
paparan, display, artikel dan sebagainya) tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD NRI Tahun 1945
· Mempresentasikan tulisan singkat di depan kelas
· Memasang tulisan singkat di media informasi di
kelas atau media lainnya
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik
Indonesia 1945
· Tes digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik
Indonesia
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
|
Semangat
dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI
Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca berbagai sumber atau mengamati film
suasana perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Menanya
Mengajukan
pertanyaan tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun
1945
Mengeksplorasi
· Mendiskusikan tentang semangat dan komitmen pendiri negaqra dalam
perumusan dan penetapan UUD Negara
Republik Indonesia Tahun
1945
· Mendiskusikan arti penting semangat dan komitmen tersebut dihubungkan
dengan kondisi masyarakat, bangsa dan negara saat ini
Mengasosiasi
Menyimpulan
tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun
1945
Mengomunikasikan
Menyusun pernyataan komitmen (dalam bentuk
ikrar, tekad, janji) sebagai perwujudan meneruskan semnagat dan komitmen para
pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun 1945
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan
menetapkan
UUD NRI Tahun 1945
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
|
3.3 Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
4.3 Menyajikan hasil
kajian isi Pembukaan
Undang-Undang Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
· Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun
1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan
· Makna yang terkandung dalam setiap alinea Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca naskah Proklamasi
Kemerdekaan dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Tanya jawab tentang :
Isi Proklamasi
Kemerdekaan
Isi alinea Pembukaan
UUD NRI Tahun 1945 dan Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan
tentang isi dan hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945
Mengasosiasi
Menghubungkan isi
Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 untuk mengambil
kesimpulan tentang hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tentang isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
· Tes digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan isi alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
4
x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
· Naskah Proklamasi Kemerdekaan
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
|
· Komitmen mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
|
Mengamati
Membaca wacana
berkaitan dengan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI
Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan
tentang arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting
mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI tahun 1945
· Menyusun komitmen melalui ikrar, janji, atau tekad untuk tidak merubah
Pembukaan UUD NRI tahun 1945
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Komitmen mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik
Indonesia Tahun 1945
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
|
3.4 Memahami
norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
4.4
Menyaji hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
|
Norma yang berlaku dalam
kehidupan bermasyarakat dan bernegara
|
Mengamati
Mengamati berbagai
norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Menanya
· Menyusun pertanyaan tentang pengertian dan macam norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Melakukan wawancara dengan berbagai pihak berkaitan dengan norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengeksplorasi
Mendiskusikan
tentang pengertian dan macam norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara
Mengasosiasi
Menghubungkan antarnorma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil pengamatan norma yang berlaku melalui tulisan,
gambar, film, dan sebagainya
· Mensimulasikan penerapan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat
dan bernegara
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang norma-norma yang berlaku
dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Tes digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan norma-norma
yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
3 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Lingkungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara
· Tokoh masyarakat dan aparat pemerintah
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
|
Arti penting norma dalam
kehidupan ber asyarakat dan bernegara
|
Mengamati
Mengamati dan
membaca peristiwa yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan benegara,
seperti suasana ketertiban dan ketidaktertiban.
Menanya
Mengajukan
pertanyaan berkaitan peristiwa seperti siapa, di mana, kapan, bagaimana, dan
mengapa terjadi peristiwa.
Mengeksperimen
Mengumpulkan
informasi melalui dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi
Menyimpulan arti penting norma dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengamatan/investigasi
peristiwa
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang arti penting norma dalam kehidupan ber asyarakat dan
bernegara
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
2 x 3 JP
|
|
3.5 Memahami pengertian
dan makna Bhinneka Tunggal Ika
4.5 Menyaji
hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh
dari NKRI
|
Pengertian dan makna
Bhinneka Tunggal Ika
|
Mengamati
Mengamati
keberagaman masyarakat di sekitar tempat tinggal dan sekolah berdasarkan
suku, agama, ras, budaya, dan gender.
Menanya
Mengajukan
pertanyaan mengenai keberagaman masyarakat seperti apa perbedaan dan
persamaan, mengapa berbeda, dan sebagainya.
Mengeksplorasi
Mendiskusikan dan
mencari informasi dari berbagai sumber tentang keberagaman masyarakat
Indonesia, faktor penyebab, dan pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Mengasosiasi
Menghubungkan
berbagai infomasi yang diperoleh untuk memahami keberagaman yang diamati
dalam masyarakat
Mengomunikasikan
Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil
pengamatan keberagaman masyarakat berdasarkan suku, agama, ras, budaya,
gender.
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang keberagaman
dalam masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika.
· Tes digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan keberagaman dalam masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna
Bhinneka Tunggal Ika
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
2 x 3 jp
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Tokoh pejuang
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
4.5 Menyaji hasil pengamatan karakteristik
daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
|
Peran daerah tempat tinggal
dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
|
Mengamati
Membaca wacana
tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan
mempertahankan NKRI
Menanya
Menyusun pertanyaan
tentang peran peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan
mempertahankan NKRI
Mengeksperimen/Mengeksplorasi
Wawancara
dengan tokoh pejuang dan mencari informasi dari berbagai sumber tentang peran
daerah tempat tinggal dalam perjuangan
berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengasosiasi
Menyimpulkan tentang peran daerah
tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tulisan tentang peran daerah
tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri
NKRI
· Tes digunakan
untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan
berdiri NKRI.
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Tokoh pejuang
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
3.6 Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.6 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan
prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras,
budaya, dan gender
|
Keberagaman dalam
masyarakat Indonesia
|
Mengamati
Mengamati peristiwa
interaksi dengan teman dan orang lain yang terjadi di lingkungan sekolah dan
masyarakat
Menanya
Menyusun pertanyaan berkaitan dengan peristiwa seperti siapa, apa, kapan, bagaimana,
mengapa interaksi terjadi.
Mengeksperimen
Mengumpulkan
informasi melalui berbagai
sumber dan wawancara untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Mengasosiasi
Menghubungkan
berbagai informasi untuk menganalisis peristiwa yang terjadi
Mengomunikasikan
· Menyusun laporan dan mempresentasikan tentang interaksi dengan teman
dan orang lain yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
· Menyusun aksi kegiatan sosial sebagai perwujudan interaksi dengan
teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai
dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender, seperti menolong teman yang sedang tertimpa
musibah, menolong anggota masyarakat yang membutuhkan, dan sebagainya.
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Interaksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku,
agama, ras, budaya, dan gender
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
4 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
3. 7 Memahami
karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI
4.7 Menyaji
bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap
keutuhan nasional
|
Arti penting daerah tempat
tinggal dalam kerangka NKRI
|
Mengamati
Membaca dan
mengumpulkan berita dari berbagai media massa tentang karakteristik daerah
tempat tinggal, seperti masalah politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.
Menanya
Tanya jawab tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat
ini
Mengeksplorasi
Mendiskusikan
tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting daerah
tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengomunikasikan
· Mempresentasikan hasil kajian
· Menyusun aksi nyata sebagai bentuk partisipasi kewarganegaraan
yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional, seperti membentuk
Kelompok Pelajar Anti Tawuran, atau membuat spanduk/poster untuk anti tawuran
pelajar atau tawuran antar kampung.
|
· Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil
pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
· Pengamatan,
penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta
didik dalam proses pembelajaran
|
3 x 3 JP
|
· Buku Pelajaran PKn Kelas VII
· Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta :
Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
· Refernsi/Internet sesuai materi
pokok
|
Comments
Post a Comment