silabus sms/ mts PKN SMP



SILABUS SMP/MTs

Mata Pelajaran              : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas                            : VII
Kompetensi Inti             :
1.    Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1    Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat





2.1  Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
2.2  Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3  Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
2.4  Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI)





3.1    Memahami sejarah dan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar Negara

4.1   Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”


Sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara:
·   Pembentukan BPUPKI
·   Usulan dasar negara para pendiri negara
·   Rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta


Mengamati
·   Membaca dari berbagai sumber belajar  tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara;
·   Membaca salinan Piagam Jakarta;
·   Mencatat rumusan dasar negara dalam Piagam Jakarta
Menanya
·     Mengajukan pertanyaan tentang pembentukan BPUPKI, perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara
Mengeksplorasi
Mendiskusikan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
Mengasosiasi
Mengambil kesimpulan semangat dan komitmen yang dimiliki para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
Mengomunikasikan
Menyusun  tulisan singkat  (bahan paparan, display, artikel dan sebagainya) tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara
Menyusun ikrar mempertahankan Pancasila sebagai perwujudan komitmen terhadap Pancasila sebagai dasar negara
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah dan semangat komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara.
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran
4 x 3 JP
·  Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Referensi atau internet  sesuai materi pokok (bila tersedia)
3.2    RMemahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.2   Menyaji hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia 1945
Mengamati
Membaca berbagai sumber tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengasosiasi
Menyimpulkan tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengomunikasikan
·    Menyusun  tulisan singkat  (bahan paparan, display, artikel dan sebagainya) tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD NRI Tahun 1945
·    Mempresentasikan tulisan singkat di depan kelas
·    Memasang tulisan singkat di media informasi di kelas atau media lainnya
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia 1945
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan sejarah perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran
4 x 3 JP
·      Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
·      Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·      UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·      Refernsi/Internet sesuai materi pokok


Semangat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun 1945
Mengamati
Membaca berbagai sumber atau mengamati film suasana perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Menanya
Mengajukan pertanyaan tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam  perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengeksplorasi
·  Mendiskusikan tentang semangat dan komitmen pendiri negaqra dalam perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
·  Mendiskusikan arti penting semangat dan komitmen tersebut dihubungkan dengan kondisi masyarakat, bangsa dan negara saat ini
Mengasosiasi
Menyimpulan tentang semangat dan komitmen pendiri negara dalam  perumusan dan penetapan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengomunikasikan
Menyusun pernyataan komitmen (dalam bentuk ikrar, tekad, janji) sebagai perwujudan meneruskan semnagat dan komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun 1945
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang semangat dan komitmen  para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkan UUD NRI Tahun 1945
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


2 x 3 JP
3.3    Memahami isi  alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

4.3    Menyajikan hasil kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Hubungan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945 dengan Proklamasi Kemerdekaan
·   Makna yang terkandung dalam setiap alinea Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengamati
Membaca naskah Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Tanya jawab tentang :
Isi Proklamasi Kemerdekaan
Isi alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang isi dan hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasi
Menghubungkan isi Proklamasi Kemerdekaan dan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 untuk mengambil kesimpulan tentang hubungan Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tentang isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang isi  alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan isi  alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


4 x 3  JP
·      Buku Pelajaran PPKn Kelas VII
·      Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·      UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·      Naskah Proklamasi Kemerdekaan
·      Refernsi/Internet sesuai materi pokok


·   Komitmen mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
Mengamati
Membaca wacana berkaitan dengan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Menanya
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI Tahun 1945
Mengomunikasikan
·   Mempresentasikan arti penting mempertahankan Pembukaan UUD NRI tahun 1945
·   Menyusun komitmen melalui ikrar, janji, atau tekad untuk tidak merubah Pembukaan UUD NRI tahun 1945
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Komitmen mempertahankan Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia  Tahun 1945
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


2 x 3 JP
3.4    Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

4.4  Menyaji hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
Norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengamati
Mengamati berbagai norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Menanya
·   Menyusun pertanyaan tentang pengertian dan macam norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Melakukan wawancara dengan berbagai pihak berkaitan dengan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang pengertian dan macam norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengasosiasi
Menghubungkan antarnorma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
·   Mempresentasikan hasil pengamatan norma yang berlaku melalui tulisan, gambar, film, dan sebagainya
·   Mensimulasikan penerapan norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


3 x 3 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas VII
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Lingkungan kehidupan bermasyarakat dan bernegara
·  Tokoh masyarakat dan aparat pemerintah
·  Refernsi/Internet sesuai materi pokok


Arti penting norma dalam kehidupan ber asyarakat dan bernegara
Mengamati
Mengamati dan membaca peristiwa yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat dan benegara, seperti suasana ketertiban dan ketidaktertiban.
Menanya
Mengajukan pertanyaan berkaitan peristiwa seperti siapa, di mana, kapan, bagaimana, dan mengapa terjadi peristiwa.
Mengeksperimen
Mengumpulkan informasi melalui dari berbagai sumber untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi
Menyimpulan arti penting norma dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
Mengomunikasikan
Mempresentasikan hasil pengamatan/investigasi peristiwa
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang arti penting norma dalam kehidupan ber asyarakat dan bernegara
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


2 x 3 JP
3.5    Memahami  pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika

4.5    Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI

Pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
Mengamati
Mengamati keberagaman masyarakat di sekitar tempat tinggal dan sekolah berdasarkan suku, agama, ras, budaya, dan gender.
Menanya
Mengajukan pertanyaan mengenai keberagaman masyarakat seperti apa perbedaan dan persamaan, mengapa berbeda, dan sebagainya.
Mengeksplorasi
Mendiskusikan dan mencari informasi dari berbagai sumber tentang keberagaman masyarakat Indonesia, faktor penyebab, dan pengertian Bhinneka Tunggal Ika
Mengasosiasi
Menghubungkan berbagai infomasi yang diperoleh untuk memahami keberagaman yang diamati dalam masyarakat
Mengomunikasikan
Menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatan keberagaman masyarakat berdasarkan suku, agama, ras, budaya, gender.
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang keberagaman dalam masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika.
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan keberagaman dalam masyarakat Indonesia serta pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran
2 x 3 jp
·  Buku Pelajaran PKn Kelas VII
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Tokoh pejuang
·  Refernsi/Internet sesuai materi pokok

4.5   Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI


Peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengamati
Membaca wacana tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Menanya
Menyusun pertanyaan tentang peran peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengeksperimen/Mengeksplorasi
Wawancara dengan tokoh pejuang dan mencari informasi dari berbagai sumber tentang peran daerah  tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengasosiasi
Menyimpulkan tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
Mengomunikasikan
Mempresentasikan tulisan tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri dan mempertahankan NKRI
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri NKRI
·   Tes digunakan untuk menilai hasil belajar secara individu tentang pengetahuan peran daerah tempat tinggal dalam perjuangan berdiri NKRI.
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


4 x 3 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas VII
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Tokoh pejuang
·  Refernsi/Internet sesuai materi pokok

3.6  Memahami  keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender

4.6 Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender

Keberagaman dalam masyarakat Indonesia

Mengamati
Mengamati peristiwa interaksi dengan teman dan orang lain yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat
Menanya
Menyusun pertanyaan berkaitan dengan peristiwa seperti siapa, apa, kapan, bagaimana, mengapa interaksi terjadi.
Mengeksperimen
Mengumpulkan informasi melalui berbagai sumber dan wawancara untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Mengasosiasi
Menghubungkan berbagai informasi untuk menganalisis peristiwa yang terjadi
Mengomunikasikan
·   Menyusun laporan dan mempresentasikan tentang interaksi dengan teman dan orang lain yang terjadi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
·   Menyusun aksi kegiatan sosial sebagai perwujudan interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender, seperti menolong teman yang sedang tertimpa musibah, menolong anggota masyarakat yang membutuhkan, dan sebagainya.
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang Interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran


4 x 3 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas VII
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Refernsi/Internet sesuai materi pokok


3. 7 Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI

4.7 Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional

Arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
Mengamati
Membaca dan mengumpulkan berita dari berbagai media massa tentang karakteristik daerah tempat tinggal, seperti masalah politik, ekonomi, sosial budaya, dan  pertahanan keamanan.
Menanya
Tanya jawab tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengeksplorasi
Mendiskusikan tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengasosiasi
Menyimpulkan arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI saat ini
Mengomunikasikan
·   Mempresentasikan hasil kajian
·   Menyusun aksi nyata sebagai bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional, seperti membentuk Kelompok Pelajar Anti Tawuran, atau membuat spanduk/poster untuk anti tawuran pelajar atau tawuran antar kampung.
·   Portofolio, penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang arti penting daerah tempat tinggal dalam kerangka NKRI
·   Pengamatan, penilaian ini merupakan penilaian proses menilai perilaku dan sikap peserta didik dalam proses pembelajaran

 3 x 3 JP
·  Buku Pelajaran PKn Kelas VII
·  Tim Penyusun, Pendidikan Kesadaran Berkonstitusi untuk SMP dan MTs. Jakarta : Sekjen dan Kepaniteraan Mahkamah Konstitusi RI, 2009
·  Refernsi/Internet sesuai materi pokok




Comments

Popular posts from this blog

Mengenal Kapolres Aceh Utara Pemberantas Waria Di Aceh Utara