KI KD SMP Kelas VII
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN
(PPKn)
SEKOLAH
MENENGAH PERTAMA (SMP) / MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)
KELAS: VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya
|
2.1 Menghargai semangat dan komitmen
kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar
negara
2.2
Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat sekitar
2.3
Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman
suku, agama, ras, budaya, dan gender
2.4
Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam
memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak
terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI)
|
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
3.1 Memahami sejarah dan
semangat komitmen para pendiri Negara
dalam merumuskan dan
menetapkan Pancasila sebagai dasar
negara
3.2 Memahami sejarah perumusan
dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945
3.3 Memahami isi
alinea Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.4 Memahami norma-norma yang
berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
3.5
Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya
dalam kerangka NKRI
3.6
Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
3.7
Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Ika
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
4.1 Menyaji hasil telaah tentang “sejarah dan semangat komitmen para pendiri
negara dalam merumuskan dan menetapkan Pancasila sebagai dasar negara”
4.2 Menyaji hasil
telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3 Menyaji hasil kajian
isi Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.4 Menyaji hasil pengamatan
tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa
4.5
Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat
tinggalnya sebagai bagian utuh dari NKRI
4.6
Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling
menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.7
Menyaji hasil
telaah tentang makna
Bhinneka Tunggal Ika
4.8
Menyaji
bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
KELAS: VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan sekolah,
masyarakat, bangsa, dan negara
|
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
2.2
Menghargai semangat kebangsaan dan kebernegaraan
seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam menetapkan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional negara
kebangsaan
2.3
Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman
masyarakat sekitar
2.4
Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda
dalam kehidupan bermasyarakat sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda
pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.5
Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan bangsa untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI
|
3. Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.1
Memahami nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa
3.2
Memahami fungsi lembaga-lembaga negara dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami tata urutan peraturan perundang-undangan
nasional
3.4
Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.5
Memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.6
Memahami makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
3.7
Memahami unsur-unsur NKRI
|
4. Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
4.1
Menalar nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari
4.2
Menyaji
hasil telaah fungsi lembaga-lembaga
negara dalam Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3
Menyaji hasil telaah tata urutan peraturan
perundang-undangan nasional
4.4
Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah
di Indonesia
4.5
Menyaji pelaksanaan kewajiban asasi manusia
sebagaimana diatur Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.6
Menyaji hasil telaah tentang kerjasama dalam
masyarakat yang beragam dalam bingkai Bhinneka
Tunggal Ika
4.7
Menyaji hasil telaah unsur-unsur NKRI sebagai satu
kesatuan yang utuh
4.8
Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.9
Menyaji bentuk partisipasi kewarganegaraan yang mencerminkan
komitmen terhadap keutuhan
nasional
|
KELAS: IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
1.1
Menghayati perilaku beriman dan bertaqwa kepada
TuhanYME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di lingkungan pergaulan
antarbangsa
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dengan dinamika perkembangan
jaman
2.2
Menghargai keluhuran nilai-nilai Pancasila sebagai
pandangan hidup bangsa
2.3
Menghargai hukum yang berlaku dalam masyarakat
sebagai wahana perwujudan keadilan dan kedamaian
2.4
Menghargai sikap toleransi dan harmoni keberagaman
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia
2.5
Menghargai semangat dan komitmen sumpah pemuda
sebagai perekat kebangsaan sebagaimana ditunjukkan oleh tokoh-tokoh pemuda
pada saat mendeklarasikan Sumpah Pemuda tahun 1928
2.6
Menghayati semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
|
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata
|
3.1 Memahami dinamika perwujudan
Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
3.2
Memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
3.3
Memahami aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat dan bernegara
3.4 Memahami perbedaan baik dan buruk
dalam bertutur kata, berperilaku, dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
3.5
Memahami masalah-masalah yang muncul dalam keberagaman
masyarakat dan cara pemecahannya
3.6
Memahami konteks kesejarahan NKRI
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.1 Menyaji hasil
telaah nilai-nilai Pancasila
sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa sesuai dinamika perkembangan
jaman
4.2 Menyaji hasil
telaah pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam Pembukaan Undang
Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
4.3
Menyaji hasil telaah
tentang aturan
hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
4.4
Menyaji sikap, tutur kata, dan perilaku yang baik,
sesuai dengan nilai dan moral Pancasila dalam pergaulan hidup sehari-hari di
masyarakat, bangsa dan negara
4.5
Menalar penyelesaian masalah yang muncul dalam keberagaman
masyarakat
4.6
Menyaji hasil telaah dinamika penguatan komitmen
mempertahankan NKRI dalam konteks kesejarahan
4.7
Berinteraksi
dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan
menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan gender
4.8
Menyaji bentuk-bentuk partisipasi dan tanggung
jawab kewarganegaran yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhan nasional
|
Comments
Post a Comment